Abu Gunung Merapi Meletus Sampai Malioboro, Garuda Batal Terbang

YOGYAKARTA, GURINDAM TV– Hujan abu Gunung Merapi sampai ke kawasan Malioboro Yogyakarta. Kantor Gubernur DIY pun tak luput dari guyuran abu.

Mobil-mobil pejabat atau tamu yang terparkir dilingkungan kantor Gubernur terguyur abu sehingga berwarna keputihan. Gubernur DIY Sri Sultan Hemengku Buwono X menghimbau warga tetap tenang.

“Tetap tenang, ini tidak dari aktivitas awal yang ada siaga dan sebagainya itu. Jadi mungkin hanya 20an menit itu kabur diketinggian,” kata Sri Sultan HB X di kantor Gubernur DIY, Jumat (11/5/2018).

Abu tampak menyelimuti kompleks Kepatihan dan mobil-mobil yang terparkir di sana.

Sultan mengatakan masyarakat Yogyakarta sudah berpengalaman dengan abu Gunung Merapi dan juga abu Gunung Kelud. Masyarakat diminta untuk tidak naik genteng untuk membersihkan abu karena licin sehingga berbahaya.

“Jangan manjat bersihkan di atas karena licin,”kata Sultan HB X.

Hujan abu dari Gunung Merapi mulai turun di kawasan Tugu dan Malioboro. Abu terterbangan tipis. Ada yang menempel di jalan, mobil, motor dan lainnya. Wisatawan di kawasan wisata kota Yogya tersebut mengenakan masker.

Warga dan wisatawan yang berada di kawasan tersebut pun mengenakan masker.
Hampir semua warga di kawasan Malioboro baik wisatawan, anak sekolah, satpam, pedagang memilih mengenakan masker. Mobil-mobil juga terlihat berlumuran abu.

Garuda Batal Terbang

Sehubungan dengan peningkatan aktivitas erupsi Gunung Merapi dan sesuai perpanjangan Notification to Airman (NOTAM) No. B3565/18 terkait penutupan Bandara Adisutjipto Yogyakarta, maka sejumlah penerbangan Garuda Indonesia dari dan menuju Yogyakarta hingga sore hari ini dibatalkan. Total penerbangan hingga sore hari ini yang dibatalkan sebanyak 14.

Sejalan dengan perpanjangan NOTAM penutupan Bandara Adisutjipto Yogyakarta tersebut, Garuda Indonesia kembali membatalkan enam penerbangan dari dan menuju Yogyakarta yang terdiri dari:

GA 210/211/11 MAY Jakarta-Yogyakarta PP

GA 212/213/11 MAY Jakarta-Yogyakarta PP

GA 7308/7309/11 MAY Surabaya-Yogyakarta PP

Dengan pembatalan penerbangan tersebut, maka hingga saat ini Garuda Indonesia sudah membatalkan sebanyak 14 penerbangan dari dan ke Yogyakarta. Sebelumnya Garuda Indonesia telah membatalkan sebanyak 8 penerbangan yaitu:

GA253/252/11MAY Denpasar-Yogyakarta PP

GA206/207/11MAY Jakarta-Yogyakarta PP

GA208/209/11MAY Jakarta-Yogyakarta PP

GA664/665/11MAY Balikpapan-Yogyakarta PP

Pembatalan penerbangan dari dan ke Yogyakarta tersebut sejalan komitmen perusahaan dalam mengedepankan aspek kemananan dan keselamatan operasional penerbangan, khususnya mempertimbangkan sebaran abu vulkanik yang sangat berisiko terhadap keselamatan penerbangan.

“Sehubungan dengan peningkatan aktivitas erupsi Gunung Merapi tersebut, kami juga telah mempersiapkan contingency plan untuk penanganan penerbangan yang terdampak – termasuk penanganan penumpang,” kata Vice President Corporate Secretary Garuda Indonesia Hengki Heriandono dalam keterangan tertulisnya, Jumat (11/5/2018).

Dengan situasi force majeure ini, maka seluruh penumpang Garuda Indonesia terdampak pembatalan jadwal penerbangan Garuda Indonesia akibat sebaran abu vulkanik dari Gunung Merapi tersebut diberikan pilihan untuk mengubah jadwal penerbangan atau reschedule, reroute atau melakukan full refund sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Garuda Indonesia akan terus memonitor situasi dan perkembangan berkaitan dengan aktivitas Gunung Merapi tersebut, khususnya aktivitas sebaran abu vulkanik yang dapat mengganggu keselamatan penerbangan.

Garuda Indonesia menghimbau para penumpang untuk memastikan kembali jadwal penerbangannya melalui call center Garuda Indonesia di nomor 021-23519999 dan 08041807807. Penumpang juga dihimbau untuk memastikan nomor kontak atau alamat e-mail yang tercantum pada tiket agar kami dapat menghubungi apabila terjadi perubahan jadwal penerbangan.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai perubahan jadwal penumpang dapat menghubungi Call Center Garuda Indonesia (24 jam) di nomor 021-23519999 dan 08041807807, www.garuda-indonesia.com dan Twitter @IndonesiaGaruda. ( detik.com/ Red )

Latest articles

Mileneal Karimun Siap Menangkan Ansar – Marlin

KARIMUN, GURINDAM.TV -- Kalangan anak muda dan mileneal Kabupaten Karimun menyatakan siap memenangkan Paslon nomor urut 3 Ansar - Marlin di Pilgub Kepri 2020....

Tokoh Maumere Karimun, Yuliana: Program Pak Ansar Luar Biasa

KARIMUN, GURINDAM.TV --Masyarakat Maumere Nusa Tenggara Timur yang tinggal di Kabupaten Karimun menyatakan kesiapannya untuk mendukung pasangan Ansar Ahmad - Marlin Agustina di Pilgiub...

Ansar Ahmad: APBD Harus Dihemat Biar Kebutuhan Rakyat Terpenuhi

KARIMUN, GURINDAM.TV -- Calon Gubernur Kepulauan Riau nomor urut 3, H. Ansar Ahmad SE MM, mengatakan kalau dirinya terpilih sebagai Gubernur Kepri akan menggunakan...

Satlantas Polres Tanjungpinang Gelar Operasi Zebra Seligi 2020 Selama 2 Minggu

TANJUNGPINANG, GURINDAM.TV --  Polres Tanjungpinang Polda Kepri akan melaksanakan Operasi Zebra Seligi 2020. Kegiatan ini akan dilaksanakan selama dua minggu mulai tanggal 26 Oktober...

Related articles

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here