Anak Suku Laut Rela Menunggu Perpustakaan Keliling demi Melihat Lumba-lumba

BINTAN, GURINDAM TV — Kapal Pustaka Keliling membuang jangkar di pesisir kampung Desa Air Glubi, Kecamatan Bintan Pesisir. Di sana, puluhan bocah anak nelayan suku laut sudah menunggu.

Beberapa menit kemudian, satu per satu buku disebarkan dan langsung dilahap anak anak tersebut.

Macam macan koleksi buku yang disediakan kapal Pustaka Keliling. Diantaranya berjudul Laut dan Samudra. Buku ini merupakan ensiklopedia anak yang berisi pelajaran edukatif tentang laut dan samudra.

“Ihh, ada lumba lumba, kapan ya bisa lihat lumba lumba,”teriak Atong, saat sedang membaca dan melihat gambar. Bocah suku laut tersebut tampak antusias membaca buku.

Selain ensiklopedia, koleksi buku lain yang juga ditawarkan adalah cerita bergambar. Bahkan juga ada buku berisi cara beternak itik yang disajikan dengan gaya bahasa anak anak.

Sayangnya, waktu membaca dan melahap buku buku koleksi kapal pustaka keliling hanya satu jam. Beberapa anak anak mengaku waktu disediakan untuk membaca serasa tak cukup.

Tapi mereka tak kecewa, sebab buku yang belum sempat diselesaikan akan bisa dibaca beberapa hari kemudian ketika kapal pustaka keliling kembali berlabuh.

“Jadwal kami memang hanya satu jam. Karena masih banyak daerah pesisir lain yang hendak juga disinggahi. Tapi kami cukup senang melihat antusias anak anak membaca buku,”kata seorang petugas.

Apalagi di sela membaca, para bocah juga sesekali tertawa, gembira. Keceriaan terpancar di wajah siswa siswi.

“Anak ini semangat sekali, ada 94 Siswa SD 005 Desa Air Glubi yang membaca buku di sini,” kata Mardiana, guru di desa setempat. (tribunbatam.id/ Red)

 

 

Latest articles

Ansar Punya Mimpi Desa di Kepri Berorientasi Kota

KARIMUN, GURINDAM.TV -- Calon Gubernur Kepulauan Riau H. Ansar Ahmad SE MM sangat berharap seluruh desa di Kepri punya penataan lingkungan seperti daerah perkotaan....

Pandang Sayang di Pulau Tulang

Oleh : Suyono Ketika speed yang membawa kami merapat ke dermaga, angin sejuk pantai menyapa lembut. Hamparan pasir putih melambai dengan kilaunya laksana mutiara yang...

Abdul Azis: Saya Lihat Pak Ansar Datang Dengan Aura Yang Cerah

KARIMUN, GURINDAM.TV -- Setelah kampanye dan sosialisasi Pilgub 2020 di Sungai Lekam Barat dan Bukit Senang, hari ini Minggu (25/10) siang, Calon Gubernur Kepri...

Kyai Syukri Zarkasyi dan Doa Mustajab

Oleh: Heppy Trenggono Sholat Jumat di masjid Al Anwar Mampang Prapatan XII, Jakarta Selatan hari ini istimewa. Hampir seluruh jemaah melakukan sholat ghaib untuk kyai...

Related articles

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here