Antusias Wisatawan Mancanegara Melihat Bayi Orang Utan Di Taman safari Lagoi

BINTAN, GURINDAM TV — Orang utan diTaman Safari Lagoi Bintan Kepulauan Riau melahirkan anak berkelamin jantan jenis pongo pygmaeus pada 1 oktober 2018 lalu dengan cara kelahiran alami orang utan. kelahiran anak orang utan ini menjadi kelahiran pertama dari binatang yang ada di Taman Safari Lagoi.

Anak orang utan tersebut diberi nama Bintan. sesuai dengan nama tempat kelahirannya, Bintan merupakan hasil anak dari perkawinan jantan bernama Kapuas berusia 15 tahun dari Thailand dan induk betina bernama Barito yang berusia 10 tahun dari Kalimantan.

Taman Safari Lagoi memiliki 4 orang utan dewasa dari Kalimantan dan Sumatera, tambah satu anak orang utan yang ditempatkan di kandang ukuran besar  dilengkapi pagar teralis besi. induk Barito yang baru melahirkan dan anaknya sementara dipisahkan dari orang utan lainnya. hal ini ditujukan demi kenyamanan dan keamanan anak orang utan yang baru dilahirkan.

Barito induk orang utan selalu menggendong Bintan, anaknya yang baru dilahirkan.

Pasca melahirkan, induk betina diberikan asupan makanan lebih seperti jeruk manis, pisang dan susu oleh petugas kebun Binatang Taman Safari Lagoi. sedangkan anaknya masih mendapat asupan dari induknya saja.” Ujar Candra Gumelar selaku Guest Relations Officer Taman Safari Lagoi.

Candra sapaan pria asal Cianjur menambahkan,  Barito kini terlihat semakin sehat, sedangkan kondisi anak orang hutan masih dalam pengawasan konservasi sumber daya alam dan ekosistem.

Selain orang utan, di Taman Safari Lagoi seluas 30 hektar tersebut  juga terdapat binatang lain seperti Gajah, Rusa, Beruang, Buaya, Komodo dan Aneka burung. 

Kelahiran Bintan anak orang utan yang mungil dan lucu itu menunjukkan Lembaga Konservasi di Indonesia berhasil dalam melakukan upaya breeding orangutan yang telah dikembalikan dari luar negeri (repatriasi).

Berdasarkan data, Indonesia memiliki tiga spesies orangutan, yaitu orangutan Sumatera, orangutan Tapanuli, dan orangutan Kalimantan.

Sementara itu ratusan wisatawan mancanagera terlihat berkunjung menikmati keindahan Taman Safari Lagoi menyaksikan kelahiran anak orang hutan dan aneka satwa .  ( Pit/ Div )

 

 

Latest articles

Operasi Mantap Praja Seligi 2020 Polres Bintan Gelar Pengamanan Penyampaian Visi dan Misi

BINTAN, GURINDAM.TV  -- Operasi Mantap Praja Seligi 2020 Polres Bintan Gelar pengamanan penyampaian Visi dan Misi Calon Bupati dan Wakil Bupati Bintan, bertempat di...

Kuasa Hukum Minta Bukopin Fokus Kembalikan Dana Nasabah

JAKARTA, GURINDAM.TV -- Lambannya pencairan dana nasabah PT Bank Bukopin Tbk yang mayirotas sahamnya kini telah dimiliki Kookmin Bank asal Korea Selatan (Korsel) menimbulkan...

Diduga Ditipu, Pembeli Apartemen Antasari 45 Melapor ke Polda Metro Jaya

JAKARTA, GURINDAM.TV -- Ratusan pembeli apartemen Antasari 45, Jakarta yang merasa dirugikan didampingi kuasa hukumnya melapor ke Polda Metro Jaya atas dugaan penipuan, penggelepan...

Setahun Kepemimpinan Jokowi-Ma,aruf Negara Semakin Baik

TANJUNGPINANG, GURINDAM.TV-- Presiden Joko Widodo ( Jokowi ) dan Ma'ruf Amin setahun sudah dilantik menjadi Presiden dan Wakil Presiden RI periode 2019-2024. Kepemimpinan Jokowi-Ma,aruf semakin...

Related articles

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here