Fenomena Gerhana Bulan Merah Darah Akan Menghiasi Pulau Bintan

TANJUNGPINANG, GURINDAM TV — Warga Bintan dan Tanjungpinang akan disuguhkan fenomena alam langka di langit, Sabtu (28/7/2018) mulai tengah malam.

Fenomena dimaksud adalah blood mood yang termasuk peristiwa alam langka karena memiliki fase totalitas gerhana bulan terlama yakni hingga 103 menit. Saat gerhana, bulan akan berwarna oranye hingga rona merah darah.

Warna serupa darah inilah yang membuat gerhana bulan total selalu disebut dengan blood moon atau bulan darah.

Lantas, apakah gerhana blood moon tersebut juga bisa disaksikan dengan jelas dengan mata telanjang di Bintan ataupun Tanjungpinang? 

Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Tanjungpinang Dira Utama seperti di lansir TribunBatam.id mengatakan, blood moon tentu dapat disaksikan dengan jelas di Tanjungpinang, Bintan dan sekitarnya.

“Gerhana bulan teramati di Tanjungpinang, Bintan dan sekitarnya,”kata Dira Utama, Kamis (26/7/2018).

Fenomena blood moon ini, kata Dira Utama, merupakan yang terlama dalam abad ini, yakni 103 menit. 

Berdasarkan catatan BMKG, gerhana akan dimulai pukul pukul 00.13 WIB dan gerhana sebagian (parsial) dimulai pada pukul 01.24 WIB.

Sedangkan gerhana total akan dimulai pada pukul 02.30 WIB.

Sementara itu, puncak totalitas gerhana sekitar pukul 03.21 WIB dan gerhana total berakhir 04.14 WIB.

Fenomena alam tersebut akan berakhir pada pukul 06.30 WIB, setelah sebelumnya gerhana parsial berakhir pada pukul 05.19 WIB. ( TribunBatam.Id/Red )

Latest articles

Operasi Mantap Praja Seligi 2020 Polres Bintan Gelar Pengamanan Penyampaian Visi dan Misi

BINTAN, GURINDAM.TV  -- Operasi Mantap Praja Seligi 2020 Polres Bintan Gelar pengamanan penyampaian Visi dan Misi Calon Bupati dan Wakil Bupati Bintan, bertempat di...

Kuasa Hukum Minta Bukopin Fokus Kembalikan Dana Nasabah

JAKARTA, GURINDAM.TV -- Lambannya pencairan dana nasabah PT Bank Bukopin Tbk yang mayirotas sahamnya kini telah dimiliki Kookmin Bank asal Korea Selatan (Korsel) menimbulkan...

Diduga Ditipu, Pembeli Apartemen Antasari 45 Melapor ke Polda Metro Jaya

JAKARTA, GURINDAM.TV -- Ratusan pembeli apartemen Antasari 45, Jakarta yang merasa dirugikan didampingi kuasa hukumnya melapor ke Polda Metro Jaya atas dugaan penipuan, penggelepan...

Setahun Kepemimpinan Jokowi-Ma,aruf Negara Semakin Baik

TANJUNGPINANG, GURINDAM.TV-- Presiden Joko Widodo ( Jokowi ) dan Ma'ruf Amin setahun sudah dilantik menjadi Presiden dan Wakil Presiden RI periode 2019-2024. Kepemimpinan Jokowi-Ma,aruf semakin...

Related articles

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here