GEMPA GUNCANG TASIKMALAYA HINGGA DI PULAU JAWA

TAKSIMALAYA, GURINDAM.TV — Gempa 6,9 SR yang mengguncang sebagian daerah di Pulau Jawa. sejak pukul 23.47 WIB.

Sebelumnya, BMKG melaporkan gempa berkekuatan 6,9 skala Richter terjadi di Tasikmalaya, Jawa Barat.

Lokasi gempa berada di 7,75 LS dan 108,11 BT dengan posisi 11 km arah barat daya dari Tasikmalaya.

Pusat gempa berada di kedalaman 107 km. Sejumlah daerah pesisir pantai selatan Jawa berstatus waspada dan siaga terkait potensi tsunami. Warga juga diimbau menjauh dari pantai.

Guncangan gempa bumi 6,9 SR di Tasikmalaya, Jawa Barat, terasa di Jakarta. Tapi BMKG menyatakan guncangan yang terasa di Ibu Kota berskala rendah.

“Di Jakarta, Depok, intensitas II-III MMI, artinya semakin jauh dari pusat gempa semakin rendah (getarannya),” kata Kepala BMKG Dwikorita Karnawati di kantornya, Kemayoran, Jakarta, Sabtu (16/12/2017).

Dwi mengatakan gempa terjadi pada pukul 23.47 WIB dengan pusat gempa di daerah Tasikmalaya. Sepanjang pukul 23.47 WIB sampai pukul 02.14 WIB, terjadi tiga kali gempa susulan.

“Terjadi tiga kali gempa susulan di daerah Tasik tapi magnitudenya menurun,” ucapnya.

Sedangkan daerah yang terdampak gempa paling besar adalah Tasikmalaya.

Sejumlah Rumah Sakit Rusak

Gempa bumi 6,9 SR di Tasikmalaya mengakibatkan bangunan RSUD Banyumas, Jawa Tengah, rusak. Pasien sempat dievakuasi setelah gempa.

Kerusakan bangunan juga dilaporkan terjadi di RSUD Cilacap. Pasien langsung dievakuasi ke tempat yang aman sesaat setelah gempa mengguncang.

Terkait gempa, status peringatan tsunami diakhiri pada pukul 02.26 WIB. Artinya, potensi terjadinya tsunami sudah melewati batas waktu 2 jam sejak dikeluarkannya status peringatan tersebut.

Saat ini sejumlah rumah warga dan fasilitas umum di Tasikmalaya dan daerah pulau Jawa mengalami kerusakan parah. Gabungan Tim SAR dan TNI Polri masih melakukan evakuasi disejumlah titik gempa.( Pit/detik.com/Red )

Latest articles

Ansar Punya Mimpi Desa di Kepri Berorientasi Kota

KARIMUN, GURINDAM.TV -- Calon Gubernur Kepulauan Riau H. Ansar Ahmad SE MM sangat berharap seluruh desa di Kepri punya penataan lingkungan seperti daerah perkotaan....

Pandang Sayang di Pulau Tulang

Oleh : Suyono Ketika speed yang membawa kami merapat ke dermaga, angin sejuk pantai menyapa lembut. Hamparan pasir putih melambai dengan kilaunya laksana mutiara yang...

Abdul Azis: Saya Lihat Pak Ansar Datang Dengan Aura Yang Cerah

KARIMUN, GURINDAM.TV -- Setelah kampanye dan sosialisasi Pilgub 2020 di Sungai Lekam Barat dan Bukit Senang, hari ini Minggu (25/10) siang, Calon Gubernur Kepri...

Kyai Syukri Zarkasyi dan Doa Mustajab

Oleh: Heppy Trenggono Sholat Jumat di masjid Al Anwar Mampang Prapatan XII, Jakarta Selatan hari ini istimewa. Hampir seluruh jemaah melakukan sholat ghaib untuk kyai...

Related articles

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here