KPK DI MINTA AWASI APBD PERUBAHAN KEPRI TAHUN 2017 SEBESAR RP 3,469 TRILIUN

TANJUNGPINANG, GURINDAM.TV— Komisi Pemberantasan Korupsi ( KPK ) segera mengawasi Anggaran Pendapatan Belanja Daerah Perubahan (APBD-P) Provinsi Kepri Tahun 2017 mengalami peningkatan menjadi Rp3,469 triliun. Kenaikan angka itu dibandingkan APBD murni tahun 2017 ini yakni Rp3,360 triliun menjadi fantastis.

Naiknya APBD Perubahan Kepri sebesar Rp135,457 miliar ini harus dikawal. Pasalnya apalagi waktu tingal 3 bulan lagi tutup tahun 2017.” Ungkap Kuncus ICTI-Ngo Kepri, (Investigation Coruuption Transparan Independen) Non Goverment Orzanitation ).

” Kami minta Gubernur Kepri Nurdin Basirun bisa kerja maksimal untuk rakyat. Optimalkan sejumlah kepala OPD Kepri itu bekerja untuk penyerapan anggarannya ke masyarakat. Jangan hanya sejumlah OPD kerja berangkat Dinas Luar Kota ( DL ) menghabiskan dana rutin, dan sppd kegiatan saja.”tegasnya.

Kuncus melanjutkan, Gubernur Kepri segera menegor Pejabat Humas Provinsi Kepri secepatnya. Kinerjanya sudah di pantau publik. Jangan keluyuran dan terkesan selalu sibuk tiap hari mendampingi orang nomor satu Kepri tersebut.

Bayangkan dana publikasi diduga puluhan miliar rupiah entah kemana anggaran di Humas Provinsi Kepri itu. Apakah raib atau di grogoti beramai-ramai untuk beli sejumlah rumah mewah dibeberapa tempat . Bahkan di nikmati mereka-mereka.

“Kami berharap KPK segera pantau APBD Kepulauan Riau ini.” Ucap Kuncus aktivis yang selalu menjebloskan pejabat daerah ke sel hotel prodeo.

Kurniawan mahasiswa S3 UGM asal Kepri juga angkat bicara dengan angka APBD Perubahan Kepri 3,469 Triliun tahun 2017.

Menurutnya, ini harus jelas dipertanggung jawabkan anggarannya nanti. Pasalnya rakyat sekarang tidak bodoh. Sudah zaman digital gampang melakukan pemantauan secara keseluruhan .

Jika di bandingkan zaman Gubernur Kepri Bapak Ismeth Abdullah 10 tahun lalu APBD Kepri sebesar Rp 1,8 Triliun rupiah. Namun Pembangunan di Kepri terlihat dengan kasat mata. Masyarakat bisa rasakan dan nikmati dari pembangunan anggaran APBD tersebut. Putaran perekonomian Kepri sangat bagus. Rakyat sejahtera. Dibandingkan zaman Nurdin Basirun saat ini.

Entah apa yang terjadi dan terkesan anggaran APBD Kepri 2017 saat ini anjlok dan lumpuh perekonomian Kepri.

Coba kita kaji dan telaah secara yuridis dan de fakto. Anggaran APBD P Kepri sebesar Rp 3,469 Triliun disahkan di Ibu Kota Tanjungpinang. Namun putaran perekonomian di kota Gurindam lumpuh. Bahkan tidak ada sama sekali. kemana Anggaran triliun rupiah itu.

Joe mahasiswa Kepri juga bertanya-tanya terkait kemana APBD Kepri 2017 ini. Apakah di bagi-bagi. Atau di nikmati sekelompok orang.

” Masa APBD Murni Kepri 2017 sebesar 3,360 Triliun rupiah gampang habis dan tidak ada sama sekali pembangunan diProvinsi Kepulauan Riau sama sekali.” Tegasnya.

Kita lihat saja sampai akhir tahun 2017. Jika ada temuan hukum nantinya kami akan lapor ke lembaga anti korupsi itu.

Sebagaimana kita ketahui, untuk pendapatan asli daerah, mengalami peningkatan sebesar Rp105.711 miliar. Jika sebelumnya Pendapatan Asli Daerah hanya Rp1,104 triliun maka dalam perubahan meningkat menjadi Rp1,210 triliun. Jumlah ini berasal dari sektor penerimaan pajak daerah, retribusi daerah, hasil pengelolaan kekayaan daerah yang dipisahkan dan pendapatan lain-lain yang sah.

Kenaikan di sektor penerimaan juga memicu kenaikan disektor belanja tidak langsung.

Dalam APBD Perubahan ini, belanja tidak langsung Rp109.935 miliar atau meningkat 7,58 persen. Adapun belanja daerah itu antara lain belanja pegawai, belanja hibah dan belanja bantuan sosial.

Untuk belanja langsung, anggaran perubahan Kepri mengalami peningkatan Rp25.521 miliar atau meningkat 1,34 persen. ( Dum/Red )

Latest articles

Operasi Mantap Praja Seligi 2020 Polres Bintan Gelar Pengamanan Penyampaian Visi dan Misi

BINTAN, GURINDAM.TV  -- Operasi Mantap Praja Seligi 2020 Polres Bintan Gelar pengamanan penyampaian Visi dan Misi Calon Bupati dan Wakil Bupati Bintan, bertempat di...

Kuasa Hukum Minta Bukopin Fokus Kembalikan Dana Nasabah

JAKARTA, GURINDAM.TV -- Lambannya pencairan dana nasabah PT Bank Bukopin Tbk yang mayirotas sahamnya kini telah dimiliki Kookmin Bank asal Korea Selatan (Korsel) menimbulkan...

Diduga Ditipu, Pembeli Apartemen Antasari 45 Melapor ke Polda Metro Jaya

JAKARTA, GURINDAM.TV -- Ratusan pembeli apartemen Antasari 45, Jakarta yang merasa dirugikan didampingi kuasa hukumnya melapor ke Polda Metro Jaya atas dugaan penipuan, penggelepan...

Setahun Kepemimpinan Jokowi-Ma,aruf Negara Semakin Baik

TANJUNGPINANG, GURINDAM.TV-- Presiden Joko Widodo ( Jokowi ) dan Ma'ruf Amin setahun sudah dilantik menjadi Presiden dan Wakil Presiden RI periode 2019-2024. Kepemimpinan Jokowi-Ma,aruf semakin...

Related articles

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here