Kuatkan Ketahanan Pangan, Polres Tanjungpinang Kembangkan Budidaya Ikan Air Tawar dan Mini Garden

TANJUNGPINANG, GURINDAM.TV — Berbagai upaya terus dilakukan oleh berbagai pihak termasuk jajaran Polres Tanjungpinang sebagai langkah antisipasi dampak dari pandemic Covid-19. Mulai dari pencegahan penularan / penyebaran seperti penyemprotan cairan desinfectan, kampanye penggunaan masker secara massiv, penerapan berbagai protokol kesehatan juga sosialisasi dan himbauan hingga pemberian bantuan sosial kemanusiaan.

Dalam menyongsong New NormaL sebagai tatanan kehidupan baru untuk melawan Covid-19, kita dituntut untuk merubah gaya dan pola hidup khususnya di segi kebersihan dan kesehatan khususnya yang berkaitan dengan upaya dalam memutus rantai penyebaran / penularan Covid-19 ini. Selain itu, penguatan ketahanan di bidang pangan menjadi salah satu faktor penting demi keberlangsungan roda perekonomian dan kehidupan.

Dalam mendukung penguatan ketahanan pangan, *Polres Tanjungpinang mengembangkan produksi bahan pangan mandiri yaitu dengan pembudidayaan ikan air tawar dan mini garden* melalui program binaan Polres Tanjungpinang yang dikelola oleh Personil Polres Tanjungpinang.

Dengan memanfaatkan lahan tidur / lahan kosong, AKP Paingin yang merupakan Personil Polres Tanjungpinang membuat kolam pembudidayaan ikan air tawar. Dengan lahan seluas kurang lebih 500 meter persegi yang terletak di Jl. Singkong Km.6 Tanjungpinang, yang mana terdapat 4 kolam berisikan ikan air tawar konsumsi jenis gurame, mas dan lele. Selain itu juga terdapat wadah pembibitan ikan untuk pembenihan hingga pematangan usia untuk selanjutnya dipindahkan ke kolam pendewasaan dan siap panen.

Selain itu juga terdapat mini garden / kebun kecil yang ditanami sayuran konsumsi seperti terong dan cabe.

Selanjutnya IPTU Rohmadi yang juga Personil Polres Tanjungpinang turut mengembangkan dan membudidayakan ikan air tawar konsumsi jenis gurame dengan sistem wadah semenisasi. Terdapat kurang 6 (enam) wadah semenisasi di lahan seluas 150 meter persegi berlokasi di Jl. Kuantan Tanjungpinang yang dipergunakan mulai dari proses pembenihan, pematangan usia hingga siap panen.

Kapolres Tanjungpinang AKBP Muhammad Iqbal, SH, SIK, M.Si menyampaikan bahwa program ketahanan pangan seperti pembudidayaan ikan air tawar konsumsi dan mini garden tanaman sayuran ini sangat penting untuk dikembangkan dan dikelola dengan baik. Kebutuhan akan bahan pangan merupakan faktor vital untuk keberlangsungan kehidupan manusia, untuk itu berbagai upaya perlu kita lakukan dalam menguatkan ketahanan pangan.

Kasubbag Humas Iptu Suprihadi dalam kesempatan di ruang kerjanya, Selasa (2/6/2020) menyampaikan bahwa program binaan Polres Tanjungpinang dengan mengkaryakan Personil Polres Tanjungpinang dalam menciptakan inovasi dalam penguatan ketahanan pangan seperti pembudidayaan ikan air tawar dan mini garden tanaman sayuran ini diharapkan dapat memiliki manfaat dan sebagai langkah antisipasi segala kemungkinan yang akan terjadi ke depannya. Kesiapan kita sedini mungkin akan semakin menguatkan pondasi kita dalam menyongsong tatanan kehidupan baru. ( Humas Polres Tanjungpinang/ Pit )

Latest articles

Mileneal Karimun Siap Menangkan Ansar – Marlin

KARIMUN, GURINDAM.TV -- Kalangan anak muda dan mileneal Kabupaten Karimun menyatakan siap memenangkan Paslon nomor urut 3 Ansar - Marlin di Pilgub Kepri 2020....

Tokoh Maumere Karimun, Yuliana: Program Pak Ansar Luar Biasa

KARIMUN, GURINDAM.TV --Masyarakat Maumere Nusa Tenggara Timur yang tinggal di Kabupaten Karimun menyatakan kesiapannya untuk mendukung pasangan Ansar Ahmad - Marlin Agustina di Pilgiub...

Ansar Ahmad: APBD Harus Dihemat Biar Kebutuhan Rakyat Terpenuhi

KARIMUN, GURINDAM.TV -- Calon Gubernur Kepulauan Riau nomor urut 3, H. Ansar Ahmad SE MM, mengatakan kalau dirinya terpilih sebagai Gubernur Kepri akan menggunakan...

Satlantas Polres Tanjungpinang Gelar Operasi Zebra Seligi 2020 Selama 2 Minggu

TANJUNGPINANG, GURINDAM.TV --  Polres Tanjungpinang Polda Kepri akan melaksanakan Operasi Zebra Seligi 2020. Kegiatan ini akan dilaksanakan selama dua minggu mulai tanggal 26 Oktober...

Related articles

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here