MAHKAMAH AGUNG RI VONIS 1 TAHUN PENJARA TERDAKWA ANTON DIREKTUR PT LOBINDO

TANJUNGPINANG, GURINDAM.TV— Terdakwa Yon Fredy alias Anton, Dirut PT Lobindo di vonis 1 tahun Penjara oleh Majelis Hakim Mahkamah Agung RI.

Terdakwa Anton pengusaha terkenal tersebut terbukti bersalah melakukan penggelapan mengambil dan menjual batu bauksit yang dikerjakan PT Gandasari Resources.

Vonis terdakwa lebih ringan dari tuntutan Jaksa Penuntut Umum ( JPU ) Kejari Tanjungpinang selama 1,8 Bulan.

Vonis ini sekaligus menganulir vonis bebas yang diberikan majelis hakim PN Tanjungpinang beberapa waktu lalu.

Sebagaimana kita ketahui, Saat terdakwa divonis bebas PN Tanjungpinang. Tanggal 20 Febuari 2017 Kejaksaan Negeri Tanjungpinang mengajukan kasasi sedangkan memori kasasi diajukan pada Senin (01/03/2017).

Menurut majelis hakim PN Tanjungpinang yang membacakan putusannya pada Jumat (17/02), terdakwa Anton tidak terbukti melanggar pasal 372 KUH Pidana tentang penggelapan.

Namun ditingkat Mahkamah Agung RI, Terdakwa Anton terbukti bersalah melanggar pasal 372 KUH Pidana tentang penggelapan, Rabu (21/09/2017) lalu.

Dalam petikan vonis tersebut telah diterima panitera pidana umum PN Tanjungpinang.

Menurut Santonius Tambunan SH MH, Humas PN Tanjungpinang saat dijumpai radarkepri.com Rabu (27/09/2017) membenarkan telah menerima petikan vonis tersebut.

”Selanjutnya, petikan vonis akan diserahkan ke Kejari Tanjungpinang agar segera mengeksekusi vonis tersebut.”kata Santo panggilan akrab humas PN Tanjungpinang.

Majelis hakim MA yang memeriksa dan mengadili perkara dengan nomor register 835/ K/Pid/2017 dipimpin oleh Dr Sotyan Tambunan SH MH dengan anggota Suhardijatmo SH MH dan Desnayeti SH MH selaku hakim anggota serta Dr H Agung Sukistyono SH MH, panitera pengganti.

Dalam amar vonis tersebut, Majelis Hakim MA menyatakan perbuatan terdakwa terbukti secara sah dan meyakinkan melanggar pasal 372 KUH Pidana.”Membatalkan putusan PN Tanjungpinang nomor 283/ pid.B/2015/PN Tpg. Menghukum terdakwa Anton selama 1 tahun penjara dengan perintah segera masuk.

”Pihak jaksa sudah bisa melakukan eksekusi tanpa harus menunggu salinan putusan lengkap dari pengadilan. Petikan vonis ini merupakan bukti dan bisa dilaksanakan jaksa.”jelasnya.

Kemudian lanjut Santonius.”Meskipun ada upaya hukum luar biasa berupa PK, namun itu tidak menghalangi Kejaksaan untuk melaksanakan eksekusi.”pungkasnya.

Hendrie Devitra SH MH pengacara PT Gandasari Resources selaku pelapor membenarkan vonis tersebut.” Kami sudah sampaikan petikan dan informasi itu ke PN Tanjungpinang. Dalam vonis itu Majelis Hakim Mahkamah Agung RI yang memeriksa dan mengadili terdakwa Yon Fredy alias Anton, Dirut PT Lobindo di vonis 1 tahun Penjara,” Singkatnya.

Hingga kini terdakwa Anton belum berhasil dikonfirmasi ( Fan/Red )

Latest articles

Sejumlah Resort Mewah di Obral Lelang Ratusan Miiliar di Batam

BATAM, GURINDAM.TV -- Sejumlah resort yang terlihat megah dan menjulang ke laut di Batam Kepri di lelang oleh kantor KPKNL Resort keren terapung diatas laut...

Visi Ekonomi Bagus, Pengusaha UKM Dukung Ansar Ahmad

BATAM, GURINDAM.TV -- Para pelaku usaha kecil menengah (UKM) mendukung penuh Calon Gubernur Kepri nomor urut 3 Ansar Ahmad. Menurut mereka, Ansar Ahmad yang...

Tiga Hari Kampanye di 33 Titik di Batam Warga Sambut Ansar Ahmad Dengan Antusias

BATAM, GURINDAM.TV -- Selama 3 hari Calon Gubernur Kepri nomor urut 3 H. Ansar Ahmad SE MM melakukan kampanye dan sosialisasi Pilgub Kepri di...

Pjs Gubernur Kepri Bagi-bagi Masker di Pasar Baru Tanjungpinang

TANJUNGPINANG, GURINDAM.TV -- Penjabat Sementara (Pjs) Gubernur Kepulauan Riau (Kepri), Bahtiar Baharuddin berkunjung ke pasar Tanjungpinang Kepri, Senin (19/10/2020 ). Bahtiar Baharuddin yang mengenakan masker...

Related articles

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here