USTAD ABDUL SOMAD KAGUM ADA SERIBU CERITA MANUSKRIP DAN MASJID TERBUAT DARI PUTIH TELOR DI PENYENGAT

TANJUNGPINANG, GURINDAM TV — Ustad Abdul Somad Safari Dakwah ke Pulau Penyengat Tanjungpinang, Senin (6/8/2018 ) Pukul 9.30 Wib.

Ribuan umat muslim yang hadir tumpah ruah di pelataran Balai Masjid Sultan Riau.

Ustad Abdul Somad  mengatakan kaget melihat kemegahan Masjid bercorak kuning itu terbuat dari putih telur 215 Tahun lalu. Bahkan didalam lemari ada ratusan manuskrip tulisan tangan kitab zaman dahulu. Lihatlah tebal semennya, lihatlah kayu menjadi kusen jendelanya, pandanglah menara-menaranya betapa hebatnya 215 tahun lalu orang melayu dipulau penyengat memegang tampuk ekonomi.

Ustad Somad melanjutkan, siapa saja peneliti dunia yang ingin meneliti Islam masa lalu, bagaimana hebatnya melayu dan islam datanglah ke Pulau Penyengat. teliti, pahami, pelajari. ada seribu cerita fakta dan kata. Orang-orang melayu 215 tahun lalu menjadi orang yang kuasa harta sehingga dihormati dan disegani.

Tak hanya itu ternyata manuskrip tulisan tangan yang saya mencari dan mendapat tersebut adanya di dalam lemari Masjid Pulau Penyengat. 8 tahun lalu saya mendengar ini. Namun dua tahun belakang ini sholat dan dakwah diMasjid Penyengat betapa hebatnya orang melayu di pulau penyengat dulu rajin menulis kitab, rajin menulis karya ilmiah, tidak hanya dikepalanya, tidak hanya sebagai wacana.

Saya selalu menyampaikan kepada mahasiswa-mahasiswa saya budaya menulis . ” menulislah supaya orang dimasa akan datang tahu, bahwa engkau pernah hidup dimasa lalu. Harimau mati meninggalkan belang, Gajah mati meninggalkan gading. Manusia mati meninggalkan nama”. Ungkapnya dalam dakwah bertema Integrasi ke-Islaman dan ke-Melayuan Menuju Pulau Penyengat Sebagai Warisan Dunia. ( Pit )

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *