Mendagri Bertolak ke Palu dan Donggala Pantau Lokasi Gempa

JAKARTA, GURINDAM TV — Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo, bertolak ke Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah, untuk berkoordinasi langsung dengan pemerintah daerah setempat terkait penanganan situasi pasca-gempa berkekuatan 7,4 skala Richter.

“Saya dan Dirjen Bina Administrasi Kewilayahan dan tim BNPB pukul 05.00 WIB ke Balikpapan dan pukul 09.00 ke Palu dan Donggala untuk koordinasi awal dengan pemerintah provinsi dan kabupaten/kota setempat,” kata Tjahjo Kumolo kepada Antara, Sabtu (29/9).

Sebelumnya, Tjahjo sudah merilis radiogram dengan klasifikasi sangat segera bernomor 361/7676/SJ kepada Gubernur Sulawesi Tengah, Longki Djanggola, untuk segera menetapkan tanggap bencana di daerah-daerah sekitar yang terkena dampak gempa dan tsunami.

bersama Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan, Wiranto, di kantor Kemenkopolhukam.

Setelah rapat itu, Wiranto mengumumkan bahwa tim evakuasi gabungan TNI dibantu kepolisian dan relawan sudah bergerak ke wilayah gempa dan tsunami di Donggala dan Palu pada Jumat (28/9) malam.

“Kami kerahkan dahulu pasukan yang dekat dengan daerah bencana seperti dari Gorontalo, Mamuju, Parigi, Makassar, ” kata Wiranto dalam jumpa pers di Jakarta, Sabtu dini hari, (29/9/2018).

Menurut Wiranto, saat ini sambungan komunikasi ke lokasi bencana di Donggala dan Palu masih terputus.

Pemerintah sedang menyiapkan telepon satelit untuk sementara waktu agar memudahkan proses koordinasi penanganan bencana.

Karena komunikasi masih terputus, pemerintah pusat belum bisa memastikan jumlah warga yang menjadi korban gempa dan tsunami di Sulawesi Tengah.

Kemensos Kirim Bantuan Logistik ke Lokasi Gempa Donggala

Kementerian Sosial mengirmkan bantuan logistik ke lokasi yang terkena dampak gempa berkekuatan 7,4 skala Richter di Donggala, Sulawesi Tengah.

Menteri Sosial, Agus Gumiwang Kartasasmita, mengatkan bahwa bantuan yang dikirimkan terdiri dari 1.000 kardus makanan cepat saji, 2.000 velbed, 25 tenda serbaguna, dan 3.000 tenda gulung.

Selain itu, Kemensos juga mengirimkan dua paket perlengkapan dapur umum lapangan, 1.000 matras, dan 1.500 kasur

“Untuk hal tersebut, Kemensos sudah berkoordinasi dengan Panglima TNI untuk menyiapkan pesawat Hercules untuk pengiriman bantuan darurat dari gudang pusat,” ujar Agus sebagaimana dikutip Antara, Sabtu (29/9).

Sementara itu, Kemensos juga sudah memerintahkan pengiriman bantuan darurat dari stok di Gudang Regional Timur di Makassar melalui jalur darat.

Bantuan yang didistribusikan melalui jalur darat itu terdiri dari 100 velbed, dua tenda serbaguna keluarga, 1.500 matras, 3.000 selimut, 200 “family kit”, 200 “kids ware”, 100 tenda gulung, 345 “food ware”, 100 paket sandang.

“Kami juga sudah berkoordinasi dengan Pemda Provinsi Gorontalo karena di gudang Pemda Gorontalo terdapat barang dari Kementerian Sosial yang juga akan dimobilisasi ke daerah bencana,” ucap Agus.

Untuk memenuhi kebutuhan pokok dalam kondisi darurat, Kemensos sedang membli 3.000 paket lauk pauk di lokasi terdekat yang dapat mendistribusikan cepat ke lokasi terdampak gempa.

Tak hanya bantuan logistik, Kemensos juga mengerahkan 100 relawan taruna tanggap bencana (tagana).

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyatakan bahwa gempa di Donggala ini merupakan gempa dangkal akibat aktivasi sesar geser Palukoro.

Gempa berlangsung mulai pada pukul 14.00 WIB, 5.9 SR, Lokas 0.35 LS, 119.82 BT (8 KM Barat Laut Donggala- Sulteng) kedalaman 10 KM. ( CNN Indonesia/ Red )

Latest articles

Air Mata dan Doa Untuk Lelaki Yang Dirindukan

TANJUNGPINANG, GURINDAM.TV -- Laki-laki berkopiah hitam yang dari tadi duduk diam tiba-tiba beranjak berdiri. Dia raih mikrofon yang tak jauh dari tempat duduknya dengan...

Razia Zebra Seligi Anambas, 18 Orang Terjaring Tidak Ber Helm dan Bermasker

ANAMBAS, GURINDAM.TV -- Polres Kepulauan Anambas melalui Satuan Lalulintas (Satlantas) Polres Kepulauan Anambas lakukan Operasi Zebra Seligi 2020 di Jalan Moh. Satah tepat di...

Sekdispotmar Mabes TNI AL Bersama Danlanal Tarempa Kunjungi Taman Bacaan Anak Bangsa

ANAMBAS, GURINDAM.TV -- Taman Bacaan Anak Bangsa Arung Hijau Kepulauan Anambas Provinsi Kepri masih di dalam lingkungan PKBM Anambas Cerdas dapat Kunjungan dari Kolonel...

Polres Kepulauan Anambas Peringati Maulid Nabi Muhammad Saw 144 H / 2020 M

ANAMBAS, GURINDAM.TV -- Dalam rangka peringatan Maulid Nabi besar Muhammad SAW 1442 H / 2020 M, Polres Kepulauan Anambas Gelar Kegiatan Tausiah dan Doa...

Related articles

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here