Panglima TNI Dikawal Empat F-16, Lewat Ruang Udara Singapura

NATUNA, GURINDAM TV  — Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto bersama Ketua DPR RI Bambang Soesatyo dan rombongan melakukan kunjungan kerja ke Natuna, Kepulauan Riau. Mereka dikawal empat pesawat tempur F-16 ketika melintasi Perairan Natuna.

Hadi dan rombongannya menumpang pesawat Boeing 737-400 VIP TNI Angkatan Udara. Sementara empat pesawat tempur yang mengawal berasal dari Skuadron Udara 16 Pangkalan Udara Roesmin Noerjadin.

Pesawat tempur buatan Amerika Serikat itu mengawal rombongan Panglima TNI saat berada di ketinggian 15.000 kaki hingga mendarat di Pangkalan Udara (Lanud) Raden Sadjat, Ranai.

Pengawalan dilakukan lantaran rombongan tersebut melintasi kawasan ruang udara atau Flight Information Region (FIR) Natuna di sektor A yang saat ini masih dipegang otoritas Singapura.

Selama ini pemerintah melalui Menko Kemaritiman telah membentuk tiga tim untuk mengambil alih FIR dari Singapura. Tim terdiri dari tim teknis mencakup Airnav, Komando Pertahanan Udara Nasional (Kohanudnas) dan tim regulasi dan tim diplomasi untuk berunding dengan Singapura.

Hari ini, Panglima TNI melakukan kunjungan kerja ke wilayah Natuna untuk meninjau pembangunan kekuatan militer.

Selain bersama Ketua DPR, ikut pula Ketua DPD RI Oesman Sapta Odang, Pangkostrad Letjen Agus Kriswanto, Danjen Kopassus Mayjen Eko Margiono, Dankoar Mayjen (Mar) Bambang Suswantono, Dankorpaskhas Marsda TNI Seto Purnomo, anggota Komisi III DPR Ahmad Sahroni, dan para Asisten Panglima TNI dan Mabes Angkatan.

Saat mendarat di Pangkalan Udara Raden Sadjat Ranai, Kepulauan Natuna, Hadi beserta rombongan bergerak menuju Pulau Sekatung dengan menggunakan Helly EC-725. Mereka meninjau pos pengamanan pulay terluar dan mes prajurit.

Selanjutnya, mereka juga menuju Tanjung Datuk dan mendarat di helipad, Jalan Teluk Buton dengan ETA 10.45, kemudian menuju Rai Armed.

Sementara, Helikopter Mi-7 VIP TNI AD dari Ranai ETA Jalan Teluk Buton selanjutnya bergerak ke Rai Armed dengan menggunakan Bus VIP untuk menunggu rombongan Panglima TNI.

Rencananya, Hadi juga akan meninjau Yon Komposit TNI AD di Sepempang, Natuna, kemudian rombongan yang menggunakan dua unit heli (EC-725 dan Mi-17) juga menuju ke Selat Lampa untuk meninjau fasilitas pelabuhan milik TNI Angkatan Laut dan beberapa tempat lainnya. ( Antara/ Red )

Latest articles

Dishub Bintan Launching Sepintas Zikir, Strategi ini Pertama di Indonesia

BINTAN, GURINDAM.TV -- Sepintas Zikir merupakan strategi peningkatan keselamatan lalu lintas melalui zona selamat pariwisata dan uji KIR. Strategi ini menjadi yang pertama di...

Energi Itu Adalah Ansar

Oleh: Birgaldo Sinaga Pilkada di Batam kota tempat saya tinggal ini mulai terasa demamnya. Teman-teman saya bahkan jauh-jauh hari sudah mulai kasak kusuk soal jagoan yang...

Ketika Ansar Ahmad Diserang Para Hatters

Oleh : Suyono Saat Ansar Ahmad pertama kali menyatakan sikapnya untuk maju dalam pemilihan Gubernur Kepulauan Riau berbagai sambutan mewarnai masyarakat. Ada yang menaruh harapan...

Operasi Mantap Praja Seligi 2020 Polres Bintan Gelar Pengamanan Penyampaian Visi dan Misi

BINTAN, GURINDAM.TV  -- Operasi Mantap Praja Seligi 2020 Polres Bintan Gelar pengamanan penyampaian Visi dan Misi Calon Bupati dan Wakil Bupati Bintan, bertempat di...

Related articles

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here