Pengguna Whatsapp Minimum Usia 16 Tahun

TANJUNGPINANG, GURINDAM TV  — Whatsapp akan menaikkan batas usia minimum penggunanya dari 13 tahun menjadi 16 tahun. Batas usia minimum ini akan diterapkan di Eropa.

Perubahan batas usia dilakukan untuk mematuhi aturan privasi data baru yang mulai berlaku bulan depan.

WhatsApp akan meminta pengguna Eropa untuk mengonfirmasi bahwa mereka setidaknya berusia 16 tahun ketika menyetujui persyaratan layanan baru dan kebijakan privasi yang disediakan oleh entitas baru WhatsApp Ireland Ltd dalam beberapa minggu ke depan.

Tidak jelas bagaimana batas usia yang akan diperiksa, mengingat data terbatas yang diminta dan dipegang oleh layanan.

Sementara itu, Facebook yang memiliki kebijakan data terpisah, mengambil pendekatan yang berbeda untuk remaja berusia antara 13 tahun dan 15 tahun agar mematuhi undang-undang Perlindungan Data Umum Eropa (GDPR).

Mereka diminta untuk mencantumkan orang tua atau wali untuk memberikan izin bagi mereka untuk berbagi informasi di platform.

Whatsapp yang saat ini memiliki sekitar 1,5 miliar pengguna mengungkapkan tak meminta hak baru untuk mengumpulkan informasi pribadi dalam perjanjian yang dibuat untuk Uni Eropa.

“Tujuan kami hanya menjelaskan bagaimana kami menggunakan dan melindungi informasi terbatas yang kami miliki tentang Anda,” katanya dikutip dari Reuters.

WhatsApp, didirikan pada 2009, telah mendapat tekanan dari beberapa pemerintah Eropa dalam beberapa tahun terakhir. Pasalnya, sistem pesan terenkripsi end-to-end dan rencananya mereka akan berbagi lebih banyak data dengan induknya, Facebook.

Facebook sendiri berada di bawah pengawasan dari regulator dan pembuat undang-undang di seluruh dunia sejak kasus Cambridge Analytica.

Saat ini, usia penggunaan minimum WhatsApp akan tetap 13 tahun di seluruh dunia, sejalan dengan orang tuanya.

GDPR adalah perombakan terbesar privasi online sejak kelahiran internet. Regulasi ini memberi orang Eropa hak untuk mengetahui data apa yang disimpan pada mereka dan hak untuk menghapusnya.

Apple dan beberapa perusahaan teknologi lainnya mengatakan mereka berencana memberi perlindungan dan hak yang sama kepada pengguna di luar Eropa ( CNN Indoensia/ Red )

Latest articles

Operasi Mantap Praja Seligi 2020 Polres Bintan Gelar Pengamanan Penyampaian Visi dan Misi

BINTAN, GURINDAM.TV  -- Operasi Mantap Praja Seligi 2020 Polres Bintan Gelar pengamanan penyampaian Visi dan Misi Calon Bupati dan Wakil Bupati Bintan, bertempat di...

Kuasa Hukum Minta Bukopin Fokus Kembalikan Dana Nasabah

JAKARTA, GURINDAM.TV -- Lambannya pencairan dana nasabah PT Bank Bukopin Tbk yang mayirotas sahamnya kini telah dimiliki Kookmin Bank asal Korea Selatan (Korsel) menimbulkan...

Diduga Ditipu, Pembeli Apartemen Antasari 45 Melapor ke Polda Metro Jaya

JAKARTA, GURINDAM.TV -- Ratusan pembeli apartemen Antasari 45, Jakarta yang merasa dirugikan didampingi kuasa hukumnya melapor ke Polda Metro Jaya atas dugaan penipuan, penggelepan...

Setahun Kepemimpinan Jokowi-Ma,aruf Negara Semakin Baik

TANJUNGPINANG, GURINDAM.TV-- Presiden Joko Widodo ( Jokowi ) dan Ma'ruf Amin setahun sudah dilantik menjadi Presiden dan Wakil Presiden RI periode 2019-2024. Kepemimpinan Jokowi-Ma,aruf semakin...

Related articles

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here