Peredaran Bahan Bom ‘The Mother of Satan’ Dalam Pengawasan Polri

JAKARTA, GURINDAM TV — Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) menyatakan mulai mengawasi peredaran berbagai komponen bahan peledak triacetone triperoxide (TATP). Zat itu kerap digunakan buat meracik bom berdaya ledak tinggi, seperti yang dipakai di dalam serangan teroris di Surabaya pada 13 Mei dan Senin lalu.

Kepala Divisi Hubungan Masyarakat (Kadiv Humas) Polri, Inspektur Jenderal Setyo Wasisto, mengatakan pengawasan terhadap hal ini dilakukan Polri lewat aturan yang telah dikeluarkan oleh Badan Intelijen Keamanan (Baintelkam).

“Ada sudah (aturan) di Baintelkam di bagian pengawasan senjata api dan bahan peledak,” kata Setyo saat memberikan keterangan pers di Markas Besar Polri, Jakarta Selatan pada Selasa (15/5).

Bom dari bahan acetone peroxide dikenal dengan sebutan ‘the mother of satan‘. Bahan itu kerap dipakai oleh kelompok militan Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS). Bom jenis itu mudah dibuat karena hanya membutuhkan beberapa komponen yang mudah ditemukan di toko kimia, seperti cairan pembersih kuku, dan tidak membutuhkan pemicu khusus. Namun, bahan itu juga dikenal berbahaya karena sangat tidak stabil.

Sebab hanya dengan guncangan sedikit saja bisa membuatnya meletup. Sejumlah perakit bom jenis itu juga banyak meregang nyawa, termasuk terduga teroris Anton Ferdiantono beserta istri dan anak sulungnya yang meninggal dalam ledakan di Rusun Wonocolo.

Kapolri Jenderal Tito Karnavian mengungkapkan kelompok Jamaah Anshorut Daulah (JAD) Surabaya yang menggelar empat serangan berbeda juga membuat bom pipa dengan bahan peledak TATP. Tito menjelaskan bahan TATP sangat berbahaya.

“TATP dikenal dengan sebutan ‘the mother of satan‘, ibu dari para setan,” tambah Tito. ( CNN. Ind/red )

Latest articles

Air Mata dan Doa Untuk Lelaki Yang Dirindukan

TANJUNGPINANG, GURINDAM.TV -- Laki-laki berkopiah hitam yang dari tadi duduk diam tiba-tiba beranjak berdiri. Dia raih mikrofon yang tak jauh dari tempat duduknya dengan...

Razia Zebra Seligi Anambas, 18 Orang Terjaring Tidak Ber Helm dan Bermasker

ANAMBAS, GURINDAM.TV -- Polres Kepulauan Anambas melalui Satuan Lalulintas (Satlantas) Polres Kepulauan Anambas lakukan Operasi Zebra Seligi 2020 di Jalan Moh. Satah tepat di...

Sekdispotmar Mabes TNI AL Bersama Danlanal Tarempa Kunjungi Taman Bacaan Anak Bangsa

ANAMBAS, GURINDAM.TV -- Taman Bacaan Anak Bangsa Arung Hijau Kepulauan Anambas Provinsi Kepri masih di dalam lingkungan PKBM Anambas Cerdas dapat Kunjungan dari Kolonel...

Polres Kepulauan Anambas Peringati Maulid Nabi Muhammad Saw 144 H / 2020 M

ANAMBAS, GURINDAM.TV -- Dalam rangka peringatan Maulid Nabi besar Muhammad SAW 1442 H / 2020 M, Polres Kepulauan Anambas Gelar Kegiatan Tausiah dan Doa...

Related articles

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here