Prajurit Lanudal Matak Anambas Cek Patok Perbatasan DI Pulau Terluar

ANAMBAS, GURINDAM.TV — Prajurit Lanudal Matak bersama Pemerintah Kecamatan Kute Siantan Melaksanakan pengecekan Patok Batas NKRI di Pulau Tokong Belayar, Selasa (20/10/2020).

Masih dalam situasi pandemi Covid-19 yang masih juga belum reda, Prajurit TNI yang berada di wilayah perbatasan NKRI tetap waspada dalam mengawasi dan menjaga wilayah NKRI tercinta. Hal tersebut disampaikan Komandan Lanudal Matak, Mayor Laut (T) Arief Gunawan saat apel persiapan di halaman Kantor Kecamatan Kute Siantan sebelum berangkat ke Pulau Tokong Belayar. Pulau Tokong Belayar adalah pulau terluar Indonesia yang masuk wilayah administrasi Kecamatan Kute Siantan yang belum genap setahun sebagai hasil pemekaran dari Kecamatan Palmatak, Kabupaten Kepulauan Anambas Provinsi Kepulauan Riau. Pulau ini berbatasan dengan negara tetangga di Laut Natuna Utara yakni Malaysia dan Vietnam. Tepatnya di arah Utara Lanudal dan Bandara Khusus Matak. Pada Koordinat 3°27’4″ Lintang Utara dan 106°16’8″ Bujur Timut.

Lanudal Matak sebagai pangkalan militer terdekat harus ikut memantau Wilayah perbatasan di Kabupaten Kepulauan Anambas bersama unsur instansi militer dan sipil di Kute Siantan. Dipimpin oleh Danlanudal Matak rombongan terdiri dari Prajurit Lanudal Matak, staf Koramil Palmatak dan staf Kecamatan Kute Siantan berangkat melalui Pelabuhan Payalaman menggunakan kapal kayu/Pompong ke Pulau Tokong Belayar pukul 08.00 wib.Perjalanan memakan waktu sekitar satu jam. Sesampai di tempat terlihat Bendera Merah Putih berkibar di Tokong Belayar. Karena sudah enam bulan ditiup angin bertiup sepanjang waktu sehingga ujung bendera sudah terlihat robek/rusak.

Danlanudal Matak turun tangan langsung mengganti bendera yang rusak dengan yang baru, sebagai wujud kecintaan kepada Ibu Pertiwi. Namun terlebih dulu dilaksanakan pengecatan tiang bendera.

Setelah Sang Merah Putih yang baru berkibar, dengan dipimpin oleh Danlanudal Matak seluruh Prajurit melaksanakan penghormatan dengan khidmat. Selanjutnya dilaksanakan pemeriksaan keliling pulau, termasuk Menara Mercusuar yang ada disana yang saat ini kondisi tidak menyala karena tidak adanya battery sebagai sumber listrik. Untuk patok dalam kondisi cat kusam, sehingga dilaksanakan pula pengecatan ulang patok batas NKRI.

Cuaca yang cerah sangat mendukung rombongan melaksanakan pengecekan dipulau tokong berlayar tersebut. Setelah beristirahat sejenak, Danlanudal Matak mengajak rombongan kembali ke Kute Siantan. Sekitar pukul 11.30 wib kapal pompong merapat di Pelabuhan Payalaman dengan selamat. Tidak lupa seluruh personel bermasker dan menjaga jarak selama kegiatan.
(Pen Lanudal Matak/ Pit )

Latest articles

MoU Antar MES Jakarta-Mesir Diteken Diatas Sungai Nil

JAKARTA, GURINDAM.TV -- Dewan  pembina Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) DKI Jakarta Sandiaga Uno didampingi Atase Perdagangan KBRI Cairo, Irman Adi Purwanto Moefthi selaku Dewan...

Masyarakat Karimun Berbondong bondong Sambut Ansar Ahmad Meskipun Hujan

KARIMUN, GURINDAM.TV -- Hari ini, Senin (23/11), Kabupaten Karimun dari pagi hingga petang diguyur hujan. Meski begitu tidak mengurangi semangat calon Gubernur Kepulauan Riau...

Kapal Kargo MV Tina I Muat Ribuan Peti Kemas Kandas

BINTAN, GURINDAM.TV -- Kapal MV Tina I dari Singapura dengan tujuan Jakarta kandas di perairan Batu Berhenti, Selat Singapura, Batam, Kepulauan Riau, Minggu (22/11/2020)...

Ansar: Saya Ingin Membangun Kepri Dengan Hati

KARIMUN, GURINDAM.TV -- Pembangunan yang dinginkan masyarakat adalah pembangunan dengan hati. Pembangunan yang dilaksanakan karena sebuah rasa tanggung jawab yang besar terhadap masyarakatnya. Demikian dikatakan...

Related articles

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here