Proyek Pelabuhan Bongkar Muat TanjungUban Bintan, Diduga Melanggar Hukum

BINTAN, GURINDAM TV — Ketua LSM P2KN (Pemantau Penggunaan Keuangan Negara) Provinsi Kepri  Kenedi Sihombing angkat bicara mengenai dugaan penyimpangan hukum terkait proyek pelabuhan bongkar muat di Tanjung Uban Bintan Kepri.

Meskipun DPRD Kepri pernah melakukan sidak di lokasi tersebut pada Bulan Maret 2018, namun ternyata pembebasan lahan seluas 1,5 hektar untuk pembangunan pelabuhan memiliki kendala karena masih dalam tahap penimbunan (reklamasi). Proyek bongkar muat dilaksanakan Dinas Perhubungan Provinsi Kepri.

” ini ada dugaan kejanggalan hukum proyek pelabuhan bongkar muat. Pihak penegak hukum harus melakukan penyelidikan. Sudah dua tahun anggaran proyek ini dikucurkan. Aneh saja belum pembebasan lahan sudah ada aktivitas kerja hingga menghabiskan puluhan miliar rupiah. Mana izin Amdal, izin dari Kementerian Perhubungan RI dan Kementerian Kelautan penimbunan laut? ” papar Hombing kepada awak media belum lama ini.

Sebelumnya Komisi III DPRD Kepulauan Riau pernah melakukan sidak peninjauan lapangan pembangunan Pelabuhan Bongkar Muat di Tanjung Uban pada Tanggal 14/03/2018 lalu. Dalam peninjauan tersebut hadir juga anggota Komisi III DPRD Provinsi Kepulauan Riau Hj. Suryani, S.E, Hj, Raja Astagena, Asep Nurdin, Saproni, S.E, dan Sahmadin Sinaga, S.E, M.M mengecek progres proyek yang dikerjakan tidak kunjung selesai.

Menurut informasi yang diperoleh, pembangunan pelabuhan bongkar muat ini sudah masuk tahap kedua. Tahap pertama dikerjakan pada Tahun 2017, namun sampai saat ini progres pembangunan belum jelas.  (Tim P2KN) akan terus menyelidiki dan akan melaporkan kasus ini untuk menjadi atensi hukum.

 “Saat ini kami sudah melakukan konfirmasi baik kepada pekerja maupun masyarakat sekitar lokasi proyek pembangunan pelabuhan bongkar muat, kami terus mengumpulkan dan mendalami data-data hasil laporan masyarakat  dan pekerja untuk dijadikan bahan bukti dari hasil evaluasi. Namun kami tidak segan-segan melaporkan ke penegak hukum untuk menindak lanjuti proyek pelabuhan bongkar muat di TanjungUban Bintan Kepri.”Tegas aktivis ini.

Hingga berita ini diunggah, belum ada pernyataan resmi dari Dinas Perhubungan Provinsi Kepri terkait pelabuhan bongkar muat di Tanjung Uban Bintan Kepri. ( Fuad/Joe/Pit )

 

 

 

Latest articles

Mileneal Karimun Siap Menangkan Ansar – Marlin

KARIMUN, GURINDAM.TV -- Kalangan anak muda dan mileneal Kabupaten Karimun menyatakan siap memenangkan Paslon nomor urut 3 Ansar - Marlin di Pilgub Kepri 2020....

Tokoh Maumere Karimun, Yuliana: Program Pak Ansar Luar Biasa

KARIMUN, GURINDAM.TV --Masyarakat Maumere Nusa Tenggara Timur yang tinggal di Kabupaten Karimun menyatakan kesiapannya untuk mendukung pasangan Ansar Ahmad - Marlin Agustina di Pilgiub...

Ansar Ahmad: APBD Harus Dihemat Biar Kebutuhan Rakyat Terpenuhi

KARIMUN, GURINDAM.TV -- Calon Gubernur Kepulauan Riau nomor urut 3, H. Ansar Ahmad SE MM, mengatakan kalau dirinya terpilih sebagai Gubernur Kepri akan menggunakan...

Satlantas Polres Tanjungpinang Gelar Operasi Zebra Seligi 2020 Selama 2 Minggu

TANJUNGPINANG, GURINDAM.TV --  Polres Tanjungpinang Polda Kepri akan melaksanakan Operasi Zebra Seligi 2020. Kegiatan ini akan dilaksanakan selama dua minggu mulai tanggal 26 Oktober...

Related articles

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here