PULAU BINTAN DIJUAL, LUHUT BINSAR PANJAITAN AKAN CEK SITUS ONLINE

JAKARTA, GURINDAM.TV — Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan bakal memeriksa situs yang menjual pulau di Indonesia yang ramai belakangan ini. Situs privateislandsonline.com lagi-lagi menjual pulau di Indonesia.

Luhut mengatakan, sampai saat ini masih belum mengetahui secara pasti kebenaran situs yang menjual beberapa pulau RI.

“Saya belum tahu, saya baru dengar di running text. Itu saja, makanya saya baru mau periksa masuk kantor,” kata Luhut di Komplek Istana Presiden, Jakarta, Rabu (17/1/2018).

Pada saat pemeriksaan juga, kata Luhut, pihaknya akan menentukan tindakan apa yang harus dilakukan pemerintah terhadap situs yang menjual online beberapa pulau RI.

“Saya belum tahu, lihat dulu. Ya kita terus ngomong ngomentarin tar kita sama dengan yang lain ngomentarin enggak lengkap datanya,” tambah dia.
Diketahui, situs privateislandsonline.com kembali memasang iklan penjualan pulau di Indonesia. Kali ini yang dijual adalah pulau Ajab di Bintan, Kepulauan Riau seharga Rp 44 miliar.

Dilihat detikFinance , Senin (15/1/2018) di situs tersebut, pulau Ajab berlokasi di Kepulauan Riau dengan luas pulau yakni sekitar 29,9 hektar.

Pulau memiliki pantai dengan pasir putih dan dapat dijangkau 20 menit dari pulau Bintan menggunakan kapal.

Tertulis dalam iklan itu, belum ada pembangunan di pulau tersebut. Pemilik pulau nantinya diizinkan untuk mengembangkan pulau Ajab.
Harga pulau Ajab yang dipasarkan itu cukup fantastis yakni seharga $ 3.300.000 atau sekitar Rp 44 miliar.
Tak hanya pulau Ajab, privateislandonline.com juga menawarkan pulau Toja Una-Una di Sulawesi Tengah untuk dijual. Namun tidak disebut harga yang ditawarkan. Hanya ditulis harga sesuai dengan permintaan.

Sebelumnya pada 2012 lalu, privateislandonline.com juga memasang iklan penjualan Pulau Gambar di Laut Jawa dan Pulau Gili Nanggu di Lombok, Nusa Tenggara Barat.

2 PULAU DI BINTAN KEPRI DISEWA LEWAT INTERNET

Situs privateislandsonline.com menjadi sorotan lantaran menawarkan penjualan pulau di Indonesia. Tak hanya itu, situs ini juga menawarkan penyewaan pulau di Indonesia.

Menelusuri laman web ini, detikFinance
mendapati lima pulau Indonesia yang disewakan. Kelima pulau tersebut, antara lain Pulau Nikoi di Bintan, Pulau Macan di Kepulauan Seribu, Pulau Joyo di Riau, Pulau Pangkil di Bintan, dan Pulau Kaliage Kecil di Kepulauan Seribu.

Di laman tersebut juga dijelaskan secara detail mengenai luas pulau serta akses menuju ke sana. Pulau Nikoi misalnya yang memiliki luas 15 hektar dan terletak 8 kilometer (km) dari Bintan dan kurang dari 85 km dari Singapura yang cocok untuk tempat bulan madu, memancing, hingga berlibur bersama keluarga.

Begitu juga Pulau Macan, deskripsi keindahan pulau ini dijabarkan untuk menarik wisatawan datang. Pulau ini ditawarkan sebagai sarana untuk menyelam, memancing, dan liburan.

Tak kalah dengan yang lainnya, Pulau Joyo juga ditawarkan untuk berlibur bersama keluarga dengan keindahan pasir putihnya dan lautnya yang biru. Kemudian Pulau Pangkil yang mudah diakses dari Singapura ditawarkan sebagai tempat liburan nan asyik bersama teman dan keluarga, serta Pulau Kaliage Kecil yang juga ditawarkan dengan segala keindahannya.

Sayangnya, tidak tertulis secara jelas berapa tarif sewa pulau yang ditawarkan di laman ini. Di setiap laman pulau hanya berisi deskripsi mengenai keindahan alamnya.

BUPATI BINTAN BANTAH PENJUALAN PULAU

Viralnya penjualan Pulau Ajab di Kecamatan Mantang Bintan di situs online Bupati Bintan Apri Sujadi membantah.

Menurutnya, aturan pemanfaatan lahan yang diperbolehkan, terkait penjualan pulau ada aturan mainnya sesuai pasal 33 UUD 1945 adalah tanggung jawab NKRI atau Pemda Bintan perpanjangan tangan pusat sendiri.

Pemkab Bintan berharap ada investasi pengelolaan PMA disana. Namun ada aturan izin kementerian penanaman modal dan perizinan di daerah yang harus dilakukan.

Tidak ada Pulau dijual,harus ada kordinasi dengan Pemda yang harus dilalui, agar bisa sama-sama dipromosikan secara prosedur.”ungkapnya. ( Detik.com/ Pit )

Latest articles

Danlantamal IV Sebagai Narasumber Rapat Timpora Kepri 2020

TANJUNGPINANG, GURINDAM.TV – Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) IV Tanjugpinang Laksamana Pertama TNI Indarto Budiarto, S.E., M.Han., bersama Asintel Danlantamal IV Kolonel...

Cabor E-sport Anambas Akan Segera Terbentuk, Para Games Akan dapat Pembinaan

ANAMBAS, GURINDAM.TV -- Game Online di Kepulauan Anambas kini kian marak dan sangat meningkat, hal itu yang mendorong beberapa pemuda di Anambas Kepri melakukan...

Kapolda Kepri Irjen Pol Dr. Aris Budiman M.Si Sertijab Kapolres Tanjungpinang dan Kapolres Lingga

BATAM, GURINDAM.TV -- Serah terima jabatan Kapolres Tanjung Pinang dan Kapolres Lingga dipimpin langsung oleh Kapolda Kepri Irjen Pol Dr. Aris Budiman, M.Si bertempat...

Meras Pengemis, Empat Oknum Dinsos Batam Ditangkap Dit Reskrimun Polda Kepri

BATAM, GURINDAM.TV – Tim Opsnal Subdit III Jatanras Dit Reskrimum Polda Kepri berhasil mengamankan empat orang Oknum yang bekerja di Dinas Sosial Kota Batam...

Related articles

1 Comment

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here