PULUHAN ORMAS AKSI PEDULI ROHINGYA DI TANJUNGPINANG

TANJUNGPINANG, GURINDAM.TV— Puluhan organisasi massa (Ormas) di Kota Tanjungpinang melakukan aksi perduli Korban HAM Rohingya Myanmar di lapangan Pamedan Ahmad Yani Tanjungpinang, Rabu ( 6/9/2017).

Perwakilan ormas yang tampak hadir tersebut MUI Provinsi Kepri, Persatuan Tiongwa INTI, PSMT, Muhammadiyah, DDI, DMI, Perpat Tanjungpinang, PC NU, MUI Tanjungpinang, FPI, LBQ, FKM, KMN, Kahmi, ICMI, HMI, IKADI Kota Tanjungpinang, Generasi Fisabilillah, FKPAI, Mualaf Center, LPI, PP Khadimul Ummah, Karang Taruna, GNF, IMM, KAMMI, FSLDK Kepri, BKPRMI, Kopda Tanjungpinang, DKMT Kota Tanjungpinang, Lingkar Maiyah Tanjungpinang, Gema Pembebasan, perwakilan dari Pengurus Masjid Al Uswah, DKM R Mushallin, Al Amin, Al Baik, IPRMI, Nahdatul Wathan, dan sejumlah Ormas serta perwakilan masyarakat lainnya.

Tak hanya itu, sejumlah pejabat daerah di Tanjungpinang juga hadir di tengah aksi peduli Rohingya. Begitu juga Pengurus INTI Tiongwa dari berbagai suku dan agama.

Aksi peduli Rohingya Kota Tanjungpinang menggelar aksi penggalangan dana untuk membantu etnis muslim Rohingya dan menggelar sholat ghoib.

Puluhan Ormas yang hadir bersepakat untuk menunjukkan keberpihakan terhadap etnis muslim Rohingya yang menjadi korban pembantaian dan pengusiran di Myanmar.

Rencanya bantuan ini nantinya akan disalurkan bekerjasama dengan Aksi Cepat Tanggap (ACT) Indonesia. yang telah. berpengalaman dan profesional dalam. penyaluran bantuan kemanusiaan ke daerah konflik, termasuk di Rohingya.

Sementara itu pernyataan sikap forum kemanusiaan peduli rohingya diantaranya:

Mencermati perkembangan terkini terhadap Konflik Kemanusiaan Rohingya di Myanmar, Forum Kemanusiaan Peduli Rohingya Kepulauan Riau menilai:

Pertama, Bahwa telah terjadi berulang-ulang aksi kekerasan dan pembantaian golongan minoritas Muslim dan Etnis Rohingya di wilayah Provinsi Rakhine, Negara Myanmar.

Aksi kekerasan dan pembantaian tersebut tergolong tragedi kemanusiaan yang sadis dan keji, yang kekejamannya melampaui kebiadaban yang pernah terjadi di dunia.

Kedua, Bahwa aksi kekerasan dan pembantaian Etnis Rohingya ini telah mencabik-cabik rasa kemanusiaan masyarakat dunia yang sedang berjuang menegakkan prinsip-prinsip Hak Asasi Manusia (HAM) dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Bahkan aksi kekerasan dan pembantaian ini telah menelan korban jiwa, penyiksaan dan pembantain terhadap perempuan, anak-anak dan juga balita. Dan tidak kurang dari 3.000 orang terpaksa meninggalkan negerinya menuju ke perbatasan Bangladesh untuk mencari keselamatan.

Ketiga, Bahwa sudah terbukti secara meyakinkan Negara Myanmar tidak bersedia menghentikan kekerasan, pembantaian dan praktek Genosida Etnis Rohingya. Negara Myanmar juga telah melakukan politik pembiaran terjadinya aksi kekeraan dan pembantaian ini.

Keempat, Bahwa negara Myanmar telah melakukan kejahatan luar biasa terhadap kemanusiaan (Crimes Againts Humanity), dengan secara terang-terangan melakukan aksi kekerasan dan pembantaian terhadap etnis Rohingya di depan mata masyarakat Internasional.

Negara Myanmar telah melanggar Universal Declaration of Human Rigth, 10 desember 1948 dan dapat di tuntut di depan Mahkamah Internasioanal.

Oleh karena itulah, dengan tetap mengharapkan ridho Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa, Forum Kemanusiaan Peduli Rohingya Kepulauan Riau menyatakan sikap sebagai berikut:

1. Mengecam kebiadaban Pemerintah Myanmar terhadap umat Muslim Rohingya.

2. Mendesak PBB untuk segera mengambil langkah langkah strategis penyelamatan Muslim Rohingya dan mengadili Aung Saan Sun Kyi ke Mahkamah Internasinal.

3. Mendesak Presiden RI untuk meningkatkan usaha-usaha diplomatik dalam membantu Muslim Rohingya di Myanmar.

4. Mendorong Gubernur Kepulauan Riau untuk segera berkoordinasi dengan pemerintah pusat untuk membuka kembali ex kampung pengungsian Vietnam untuk menerima saudara-saudara kita dari Rohingya atau menyiapkan wilayah/pulau tertentu di Kepulauan Riau sebagai tempat pengungsian saudara-saudara kita dari Rohingya.

5. Mendesak Gubernur Kepulauan Riau untuk SEGERA mengkoordinir segenap potensi yang ada di KEPRI dalam usaha kemanusiaan Rohingya.

6. Menghimbau kepada segenap umat beragama di Indonesia untuk senantiasa memohon kepada Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa, bagi kebaikan Etnis Rohingya dan ummat seluruh alam dalam setiap do’a-do’a.

7. Menghimbau kepada segenap bangsa Indonsia yang cinta perdamaian dan menghargai HAM untuk mengikhlaskan sebagian hartanya untuk saudara-saudara kita korban konflik kemanusiaan di Rohingya.

Semoga Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa, meridhoi perjuangan ini. ( Pit/ Red )

Latest articles

Danlantamal IV Sebagai Narasumber Rapat Timpora Kepri 2020

TANJUNGPINANG, GURINDAM.TV – Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) IV Tanjugpinang Laksamana Pertama TNI Indarto Budiarto, S.E., M.Han., bersama Asintel Danlantamal IV Kolonel...

Cabor E-sport Anambas Akan Segera Terbentuk, Para Games Akan dapat Pembinaan

ANAMBAS, GURINDAM.TV -- Game Online di Kepulauan Anambas kini kian marak dan sangat meningkat, hal itu yang mendorong beberapa pemuda di Anambas Kepri melakukan...

Kapolda Kepri Irjen Pol Dr. Aris Budiman M.Si Sertijab Kapolres Tanjungpinang dan Kapolres Lingga

BATAM, GURINDAM.TV -- Serah terima jabatan Kapolres Tanjung Pinang dan Kapolres Lingga dipimpin langsung oleh Kapolda Kepri Irjen Pol Dr. Aris Budiman, M.Si bertempat...

Meras Pengemis, Empat Oknum Dinsos Batam Ditangkap Dit Reskrimun Polda Kepri

BATAM, GURINDAM.TV – Tim Opsnal Subdit III Jatanras Dit Reskrimum Polda Kepri berhasil mengamankan empat orang Oknum yang bekerja di Dinas Sosial Kota Batam...

Related articles

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here