Rakerda Pemuda Katolik Kepri, Usung Isu Etos Kerja dan Pancasila

BATAM, GURINDAM.TV –Pemuda Katolik Provinsi Kepulauan Riau, yang adalah salah satu organisasi kemasyarakatan berbasis pemuda gereja Katolik, sabtu (1/6/2019) secara resmi menggelar Rapat Kera (RAKERDA) I di Provinsi Kepulauan Riau (Kepri). Kegiatan yang dilaksanakan di Gedung Serba Guna (GSG) Gereja Katolik St. Petrus, kawasan Lubuk Baja, Kota Batam, berjalan lancar dan sukses.

Rakerda digagas sehari, dengan mengusung tema khsus “Spiritualitas dan Etos Kerja menggapai Kader yang Kualitas dan Pancasilais”

Ketua Pemuda Katolik Provinsi Kepri, Johanes Sitohang, melalui rilisnya menjelaskan, bahwa tema Rakerda yang diusung tersebut dianggap mampu menciptakan etos kerja kader pemuda di daerah khususnya pemuda Katolik untuk masa depan agar selalu siap secara kualitas spiritual dan berjiwa pancasila dalam membangun daerah.

Menurut Tohang, kendati esensi dari rapat kerja adalah membahas kebijakan dan program kerja organisasi, Pemuda Katolik diharapkan agar tetap dan wajib menciiptakan kegiatan-kegiatan lain yang positif yang sejalan dengan nilai-nilai moralitas dan berjiwa pancasila.

“Rakerda adalah sebuah mekanisme dan proses kerja organisasi dalam menetapkan komitmen bersama.
Namun ada kegiatan postif lain yang disejalankan di rakerda yakni diawali dengan seminar tentang moralitas dan etos kerja yang berlandaskan pada pancasila. Kegiatan ini, harapanya bisa mengembangkan misi organisasi yang mampu menciptakan kader yang kualitas dan Pancasilais,” ujar Sitohang.

Sementara Ketua SC Darwin Sitanggang dan Ketua OC Ipong Diaz Vera memaparkan bahwa penetapan waktu kegiatam di tanggal 1 Juni yang diawali seminar itu karena bertepatan dengan peringatan hari lahirnya Pancasila.

Menurut Darwin Momentum Hari Pancasila merupakan momentum yang tepat mendorong dan memotivasi pemuda sebagai generasi masa depan yang wajib memiliki nilai nilai etos kerja dan semangat Pancasiala.

“Kader Pemuda Katolik ke depan tidak hanya cerdas secara ide dan gagasan tetapi harus memiliki nilai, semangat dan falsafah Pancasila,” ujar Darwinn.

Selanjutnya ketua SC, Ipong juga menjelaskan bahwa, Rakerda I Pemuda Katolik Kepri, dibuka langsung oleh Sekretaris Jendral Pengurus Pusat, Ir. Christopher Nugroho, MSi.

Ipong menambahkan seluruh hasil dari Rakerda akan diberi waktu selama sebulan kepada pengurus provinsi untuk merumuskan rekomendasi-rekomendasi penting yang telah ditetapkam demi ditindaklanjuti, baik secara organisasi, maupun rekomendasi kebjikan lain yang berhubungan dengan pemerintah daerah dan instasi terkait.

“Acara protokoler pembukaan Rakerda di hadiri semua unsur forum pimpinan daerah, OKP, ormas, dan mitra kerja organisasi. Sedangkan sidang rakerda hanya melibatkan Utusan Pengurus Cabang Pemuda Katolik Kabupaten dan Kota se Kepri, serta unsur internal gereja sebagai mitra organisasi Pemuda Katolik,” jelas Ipong.

Selain rangkain acara terdebut, Ipong menambahkan, rakerda diawali dengan seninar yang menampilkan 4 (empat) narasumber.

Ada pun nara sumber dimaksud yakni, pertama: Uskup Pangkapinanng selaku Pimpinan Gereja Katolik Bangka Belitung dan Kepri, yang di wakili oleh Ketua Komisi Kerasulan Awam, pastor, Yohanes K Jeharud, kedua : Sekretaris Jendral, Pengurus Pusat (PP) Pemuda Katolik, Ir. Christopher Nugoho, M.Si, ketiga : Ketua Bidang Otda, Pembangunan Desa dan Perbatasan PP Pemuda Katolik. Maskendari, SP, M.Si, dan ke empat Wakil Ketua Lembaga Bidang Pengembangan Riset dan Teknologi, Simon Resi. ( Hendrikus/ Pit )

Latest articles

Operasi Mantap Praja Seligi 2020 Polres Bintan Gelar Pengamanan Penyampaian Visi dan Misi

BINTAN, GURINDAM.TV  -- Operasi Mantap Praja Seligi 2020 Polres Bintan Gelar pengamanan penyampaian Visi dan Misi Calon Bupati dan Wakil Bupati Bintan, bertempat di...

Kuasa Hukum Minta Bukopin Fokus Kembalikan Dana Nasabah

JAKARTA, GURINDAM.TV -- Lambannya pencairan dana nasabah PT Bank Bukopin Tbk yang mayirotas sahamnya kini telah dimiliki Kookmin Bank asal Korea Selatan (Korsel) menimbulkan...

Diduga Ditipu, Pembeli Apartemen Antasari 45 Melapor ke Polda Metro Jaya

JAKARTA, GURINDAM.TV -- Ratusan pembeli apartemen Antasari 45, Jakarta yang merasa dirugikan didampingi kuasa hukumnya melapor ke Polda Metro Jaya atas dugaan penipuan, penggelepan...

Setahun Kepemimpinan Jokowi-Ma,aruf Negara Semakin Baik

TANJUNGPINANG, GURINDAM.TV-- Presiden Joko Widodo ( Jokowi ) dan Ma'ruf Amin setahun sudah dilantik menjadi Presiden dan Wakil Presiden RI periode 2019-2024. Kepemimpinan Jokowi-Ma,aruf semakin...

Related articles

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here