Tolak Kapal Cantrang, HNSI Himbau Nelayan Hadir di Gedung DPRD Anambas

ANAMBAS, GURINDAM.TV — Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA) mengajak seluruh nelayan dan masyarakat menyampaikan aspirasi terkait rencana pemerintah memobilisasi Nelayan Pantai Utara (Pantura) Jawa di Laut Natuna Utara.

“Kami menghimbau seluruh nelayan dan masyarakat untuk bersama-sama hadir dan bergabung di gedung DPRD KKA pada hari Kamis, 6 Februari 2020 pukul 10.00 WIB untuk menyampaikan sikap penolakan kapal Pantura dengan alat tangkap ikan cantrang,” kata Dedi Syahputra sekretaris HNSI KKA melalui sambungan telpon, Senin (3/2/2020).

Dedi Saputra Sekretaris HNSI Anambas dalam penyampaiannya mengatakan, audiensi dengan DPRD KKA tersebut untuk memperjuangkan akan nasib nelayan dan perekonomian masyarakat yang bergerak diperikanan,alat penangkapan ikan Cantrang adalah alat tangkap yang merusak sumber daya ikan.

“Kami meminta pemerintah eksekutif dan legislatif untuk bersama-sama menyatakan penolakan atas rencana tersebut, jelas cantrang itu merusak ekosistem laut atau sumber daya ikan, Ini bukan hanya mengancam keberlangsungan hidup nelayan tetapi juga anak dan cucu kita mendatang,” ungkapnya.

Selain itu, ia juga menjelaskan pada kesempatan tersebut pihaknya juga akan mempertanyakan rekomendasi panitia khusus (Pansus) DPRD KKA tentang Nelayan.

“Sudah hampir 2 tahun rekomendasi pansus DPRD tentang nelayan, akan tetapi pemerintah daerah terkesan mengabaikannya, padahal rekomendasi pansus tersebut mengakomodir tuntutan-tuntutan nelayan,” jelasnya.

Sebelumnya, pada 22 Januari 2018 HNSI KKA bersama nelayan menggelar aksi di pasar Ikan Desa Tarempa Barat, Kecamatan Siantan dan dilanjutkan hingga ke Gedung DPRD KKA terkait persoalan Nelayan.

Salah satu tuntutan nelayan saat itu, menolak keberadaan kapal-kapal diatas 30 Gross Tonnage (GT) dengan alat penangkapan ikan Pursen Seine yang sering melakukan pelanggaran zona tangkap, untuk menyikapi tuntutan nelayan, DPRD KKA menyetujui untuk membentuk panitia khusus (Pansus) waktu itu.ucapnya. (Ramadhan/Sumber HNSI Anambas )

Latest articles

Raja Ali Haji, Pahlawan Nasional Asal Tanah Melayu Pencipta Gurindam Dua Belas

TANJUNGPINANG, GURINDAM.TV -- Raja Ali Haji. Seorang sastrawan dan ulama besar dari Tanah Melayu. beliau lahir pada tahun 1808 di Lingga, Pulau Penyengat Kepulauan...

Diva Siswi SDN 001 Tanjungpinang Timur Juara Dongeng Pahlawan Bangsa

TANJUNGPINANG,GURINDAM.TV -- Siswi SDN 001 Tanjungpinang Timur Divana Zahra juara satu membacakan dongeng Pahlawan Bangsa. Diva yang mengenakan seragam Pramuka lengkap terlihat ceria saat hadir...

Inilah Polsek Pra Pural Rasa Urban di Anambas

ANAMBAS, GURINDAM.TV -- Mako Polsek Palmatak, terletak di Desa Putik Kec.Palmatak, membawahi 4 Kecamatan yakni Palmatak, Siantan Tengah, Siantan Utara, dan Kute Siantan. Kapolsek Palmatak...

Lanal Tarempa Gelar Lomba Tahfiz Qur’an, Adzan, Shalat hingga Pildacil

ANAMBAS, GURINDAM.TV -- Dalam rangka memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW 1442 H/2020 M, Danlanal Tarempa Letkol Laut (P) Erfan Indra Darmawan, M.Tr. Hanla, M.M...

Related articles

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here