Urip Santoso, SH Penasehat Hukum PT. TBJ ” Penebangan di Lahan Mangrove Telah Kantongi Izin”

TANJUNGPINANG, GURINDAM TV – Tulisan mengenai Penebangan hutan mangrove atau hutan bakau di Kawasan Situs Cagar Budaya Sungai Carang di Tanjungpinang seluas 3,5 hektar yang sempat viral kemarin di media sosial Facebook akun milik Hotasi Silitonga, anggota DPRD Tanjungpinang mendapat respon dari Urip Santoso, SH selaku penasehat hukum PT. Telaga Bintan Jaya (TJB). Menurut Urip,  PT. TJB sudah mendapat izin dari beberapa instansi terkait sesuai aturan yang berlaku. Jadi tidak benar anggapan Hotasi Silitonga dalam akun facebooknya yang mengkritisi penebangan hutan mangrove tersebut dilakukan tanpa ijin pihak terkait. Hal ini disampaikan Urip kepada Gurindam TV, Kamis (29/3/2018).

Urip Santoso mengungkapkan beberapa pertanyaan balik melalui telepon singkat dan Whatsapp telepon selulernya, apakah oknum dewan tersebut dalam meninjau lokasi dimaksud kapasitasnya selaku dewan atau pribadi? Bila selaku dewan apakah dalam keadaan dinas dalam kota dan ada memberitahukan kepada ketua fraksi dan ketua dewan? apakah oknum DPRD Tanjungpinang sudah berkoordinasi kepada dinas – dinas terkait sebelum turun ke lokasi pekerjaan tersebut?

Urip mengirimkan sejumlah bukti surat-surat perijinan melalui Whatsapp. Diantaranya bukti surat Rekomendasi dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Tanjungpinang Nomor 556/78/5.4.03/2018 yang ditandatangani Reni Yusneli selaku kadis. Surat Rekomendasi Pemanfaatan Lahan sekitar Kawasan Situs Sei Carang. Tanggal 19 januari 2018 mendapat Surat dari Balai Pelestarian Cagar Budaya Provinsi Sumatera Barat Nomor 069/E15.1/TU/2018 Perihal Rekomendasi Pemanfaatan Lahan Sekitar Situs Sei Carang. Surat Rekomendasi Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Dirjen Pengelolaan Hutan Produksi Lestari Balai Pengelolaan Hutan Produksi Wilayah III Pekanbaru Nomor 158/BPHPIII/P3-P3/2018.

Direktur Utama  PT. Telaga Bintan Jaya (TJB) Nasrun DJ pada Tanggal 19 Maret 2018 menandatangi surat rekomendasi Perihal Permohonan Bantuan WasganisPHPL PKB yang di tujukan kepada Kepala Kesatuan Pengelolaan Hutan Lindung Batam dengan tembusan Kadis Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Kepri dan Kepala Balai Pengelolaan Hutan Produksi Wilayah III di Pekanbaru Nomor 032/TB7/III/2018.

PT. Telaga Bintan Jaya (TJB) merupakan perusahaan yang bergerak dibidang kontraktor, developer dan pertambangan beralamat di Jalan DI Panjaitan KM XI Nomor 23 Tanjungpinang,

Sebagaimana diketahui, pemberitaan kawasan mangrove atau hutan bakau di Sungai Carang Kawasan Cagar Budaya Kota Rebah Tanjungpinang terancam punah mengundang opini publik. Hal ini dikarenakan semakin maraknya penebangan liar yang dilakukan oknum-oknum tertentu.

Bahkan tulisan status anggota DPRD Tanjungpinang Hotasi Silitonga pada media sosial akun Facebooknya menjadi viral di netizen.

“Selamatkan hutan mangrove sungai carang di kawasan cagar budaya kota rebah”

Hotasi Silitonga akan melanjutkan kasus ini dan akan menanyakan ke Provinsi Kepri siapa yang memberikan izin penebangan masal hutan mangrove tersebut.

Penebangan hutan mangrove atau hutan bakau yang membabi buta dilakukan pelaku membuat hutan mangrove di kawasan obyek wisata Kota Rebah Sungai Timun Senggarang hancur dan sungguh memprihatinkan.

“Apee nak jadi lah nih,
Baru jee kami kami yang junior nih diberi pemahaman tentang pentingnye Hutan Mangrove nih,lah kene tebang pulak, cemane nih Pak Dewan, minggu ini adek adek dari UGM mau survei ke Sei Carang nih……😔, ” Kata Rehanvarizasumonca dalam komentar akun facebook Hotasi Silitonga.

Apakah ijin yang dikantongi PT. Telaga Bintan Jaya (TJB) sesuai dengan apa yang dikerjakan di lapangan ?

Hingga berita ini diturunkan, perang argumen pro dan kontra di Media Facebook akun Hotasi Silitonga mengenai penebangan hutan mangrove atau hutan bakau di Kawasan Situs Cagar Budaya Sungai Carang di Tanjungpinang seluas 3,5 Hektar masih terus memanas. (Pit/Joe)

 

Latest articles

Dishub Bintan Launching Sepintas Zikir, Strategi ini Pertama di Indonesia

BINTAN, GURINDAM.TV -- Sepintas Zikir merupakan strategi peningkatan keselamatan lalu lintas melalui zona selamat pariwisata dan uji KIR. Strategi ini menjadi yang pertama di...

Energi Itu Adalah Ansar

Oleh: Birgaldo Sinaga Pilkada di Batam kota tempat saya tinggal ini mulai terasa demamnya. Teman-teman saya bahkan jauh-jauh hari sudah mulai kasak kusuk soal jagoan yang...

Ketika Ansar Ahmad Diserang Para Hatters

Oleh : Suyono Saat Ansar Ahmad pertama kali menyatakan sikapnya untuk maju dalam pemilihan Gubernur Kepulauan Riau berbagai sambutan mewarnai masyarakat. Ada yang menaruh harapan...

Operasi Mantap Praja Seligi 2020 Polres Bintan Gelar Pengamanan Penyampaian Visi dan Misi

BINTAN, GURINDAM.TV  -- Operasi Mantap Praja Seligi 2020 Polres Bintan Gelar pengamanan penyampaian Visi dan Misi Calon Bupati dan Wakil Bupati Bintan, bertempat di...

Related articles

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here